ADVERTISMENT

Teknologi ini bisa bantu GPU lebih kencang lakukan pelatihan AI

Published By Admin | Pada: Senin, 08 Jul 2024 18:08 WIB

Selamat datang kembali di situs web kami! Di web ini, kami akan memberikan update terbaru tentang Teknologi ini bisa bantu GPU lebih kencang lakukan pelatihan AI. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengetahui Berita-berita Terupdate Terkini! Kami akan memberikan informasi yang akurat dan terpercaya tentang Berita hari ini. Segera saksikan video ini untuk mengetahui apakah berita ini yang anda cari pada hari ini! Jangan lupa untuk subscribe, like, dan bagikan video ini agar Anda tidak ketinggalan brita setiap harinya. Terima kasih telah menonton!Teknologi ini bisa bantu GPU lebih kencang lakukan pelatihan AI
Teknologi ini bisa bantu GPU lebih kencang lakukan pelatihan AI

Salah satu batasan yang ada di industri GPU saat ini adalah masalah jumlah VRAM yang bisa digunakan di sebuah GPU. Hal ini mempengaruhi kinerja GPU secara umum, baik di performa gaming atau workload lain seperti AI learning.

Namun, para peneliti dari Panmnesia tampaknya sudah menemukan solusi untuk keterbatasan dua teknologi tersebut. Mereka tengah mengembangkan teknologi bernama Compute Express Link, atau CXL, yang memungkinkan GPU memanfaatkan sumber daya memori eksternal melalui antarmuka PCIe.

Sekedar informasi, Panmnesia adalah perusahaan yang didukung oleh lembaga penelitian KAIST Korea Selatan.

Digital Trends (8/7) melaporkan, GPU entry level saat ini, seperti NVIDIA RTX 4060 memiliki keterbatasan VRAM bawaannya yang hanya 8GB. Keterbatasan ini menghambat kinerja untuk tugas-tugas yang membutuhkan banyak memori seperti pelatihan AI, analisis data, dan permainan beresolusi tinggi. 

Oleh karena itu, kehadiran CXL yang mampu memanfaatkan koneksi PCIe untuk mengakses RAM yang ada di sebuah perangkat komputer, server, atau laptop dapat mengatasi keterbatasan tersebut.

Metode ini menyediakan opsi ekspansi memori dengan latensi rendah, dengan metrik kinerja yang menunjukkan peningkatan signifikan dibandingkan metode tradisional. Menurut laporan, teknologi baru ini berhasil mencapai latensi nanodetik dua digit, yang merupakan pengurangan substansial dibandingkan dengan solusi berbasis SSD standar.

Selain itu, teknologi ini tidak terbatas pada RAM tradisional saja. SSD juga dapat digunakan untuk memperluas memori GPU, sehingga menawarkan solusi yang serbaguna dan dapat diskalakan. Kemampuan ini memungkinkan terciptanya sistem memori hibrida yang menggabungkan kecepatan RAM dengan kapasitas SSD, sehingga semakin meningkatkan kinerja dan efisiensi.

Meskipun CXL beroperasi pada teknologi PCIe, mengintegrasikan teknologi ini dengan GPU tidaklah mudah. ​​GPU tidak memiliki struktur logika dan subsistem CXL yang diperlukan untuk mendukung titik akhir DRAM atau SSD. Oleh karena itu, hanya menambahkan pengontrol CXL saja tidak cukup untuk mengoptimalkan teknologi tersebut.

Tag:
berita terbaru hari ini,berita hari ini,berita terkini,berita terbaru,berita kompas,berita,berita kompastv,viral hari ini,portal berita video,berita video,prabowo terbaru hari ini,republika mahasiswa,jakarta,pilpres 2024 terbaru hari ini,prabowo gibran terbaru hari ini,berita indonesia,berita viral,24tahun republika,republika,milad republika,berita hangat,berita politik,berita politik indonesia terbaru,#jakarta,tv berita,berita update, Minggu 21 Juli 2024
Berita Terkait