Berita Inforamsi Bola Terbaru 2022
Meski di Ambang Resesi, Usaha Ayam Crisbar bisa Terus Berkembang Berkat ShopeeFood | 3 Destinasi Wisata di Malang yang Wajib Dikunjungi saat Hari Libur Akhir Tahun Tiba | Rayakan Sumpah Pemuda, Bikin Damai Gen Z dan Boomers dengan Hangatnya KFC Coffee | Checkout Produk Jadi Lebih Mudah dengan Fitur Keranjang Orange di Shopee Video | 5 Manfaat Olahraga Skipping, Praktis dan Ampuh Bakar Lemak! | Be Fun Be Pretty! Ini 4 Barang Penting yang Wajib Dibawa Saat Traveling | Holding Ultra Mikro Bawa Misi Bebaskan Pelaku Usaha Dari Jerat Rentenir | Nikmat Disantap Panas-Panas, Cheesy Mac Schotel Bisa Hangatkan Badan Kala Hujan | Mentan SYL Pastikan Kebutuhan Pangan hingga Akhir Tahun Aman | Cokelatnya Lumer, Lotus Biscoff Chocolate Chip Cookies Ini Enaknya Tak Main-Main | Cerahkan Hari dengan Sarapan Lontong Sayur Legendaris di Jakarta Ini Yuk! | Pengin Bekal Nasi Padang Tapi Selain Bungkusan? Sepiring Padang Hadirkan Solusinya | Lain dari Biasanya, Potato Donat di Jakarta Ini Ada Jus Pandan di Dalamnya | Dibuat dari Labu Kuning, Pumpkin Pao di Jakarta Ini Lezatnya Luar Biasa | Pakai Spam, Kreasi Kimbap Buatan Roti Puti Cocok Dinikmati Pecinta Kuliner Non-Halal |
Home Sitemap Cari disclaimer Contack Me  

Buka Global Forum AMM G20, Mentan SYL Ajak Dunia Implementasikan Pertanian Digital

Oleh : Rista Simbolon (Via Rakyatku ) | Diterbitkan 2 Bulan yang Lalu | Short link: https://heristh.com/link/10374264

Bagikan Ke : Facebook Twitter


Heristh.com: Buka Global Forum AMM G20, Mentan SYL Ajak Dunia Implementasikan Pertanian Digital

RAKYATKU.COM -- Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo (SYL) secara resmi membuka kegiatan Global Forum sebagai awal dari rangkaian kegiatan Agriculture Ministers Meeting (AMM) G20 Indonesia, di Hotel Intercontinental Jimbaran Bali pada Selasa (27/09/2021) siang.

Mengangkat tema “Transformasi Pertanian Digital dalam Percepatan Kewirausahaan Perempuan dan Pemuda”, SYL mengajak dunia mengimplementasikan teknologi digital dalam sektor pertanian.

“Teknologi dan digitalisasi menjadi jawaban untuk kemajuan sektor pertanian dunia. Indonesia sendiri saat ini mengusung pertanian maju mandiri modern. Karena itu, pada pertemuan global forum ini kita bisa berbagi perspektif tentang upaya kita meningkatkan kapasitas anak muda dan perempuan dalam mengimplementasikan pertanian digital,” ungkap SYL pada saat menyampaikan sambutan pembuka.

Baca Juga : Mentan SYL Dorong Petani Terapkan Smartfarming lewat Pelatihan Swadaya

Menurut SYL, para wirausaha muda ini dapat menjadi pengusaha inovatif melalui perannya sebagai produsen, distributor, pemasar, dan penjual dengan menggunakan teknologi dan model bisnis yang inovatif.

“Pada era Industri 4.0 saat ini, kegiatan pertanian tidak lagi mengandalkan tenaga kerja manual tetapi menggabungkan mekanisasi dengan teknologi digital yang dapat mengkondisikan usaha budi daya pertanian menjadi lebih presisi,” jelasnya.

Pelibatan wirausaha muda berbakat, termasuk perempuan, dalam pembangunan pertanian telah menjadi agenda utama di banyak negara, termasuk negara anggota G20. Terkait hal ini, banyak negara, termasuk Indonesia yang telah melakukan berbagai upaya untuk memahami karakteristik yang khas dari para wirausaha muda, menciptakan lingkungan kerja yang kondusif bagi mereka, dan mengidentifikasi metode terbaik untuk mengembangkan bakat mereka.

Baca Juga : Para Menteri Pertanian Dunia Akan Bertemu di Bali, Ini Isu yang Dibahas

Maka SYL pun mengajak semua negara untuk membangun semangat untuk bekerja sama. Sesuai dengan tema besar G20 Presidensi Indonesia, yaitu “recovery together recovery stronger”.

Sponsored by MGID

“Kita tidak lagi bicara atas nama bangsa sendiri, tapi harus bicara atas nama bangsa-bangsa G20. Mari kita bicarakan hal-hal yang bisa mempersatukan. Semua perbedaan semestinya bisa kita satukan dalam waktu singkat,” ujarnya.

SYL pun mengungkapkan Indonesia siap bekerja sama dengan negara-negara lain, terutama dalam menghadapi krisis pangan.

Baca Juga : Mentan SYL Minta Mahasiswa PEPI Bangun Sektor Pangan yang Lebih Kuat

“Indonesia membutuhkan negara lain. Dan negara Bapak dan ibu juga membutuhkan kami. Forum AMM bisa menjadi kesempatan bagi kita semua untuk menghilangkan barrier dalam menjaga rantai pasok dunia,” sebutnya.

Direktur Jenderal Food and Agriculture Organization (FAO) Qu Dongyu turut mendukung kerjasama dunia. Saat memberikan keynote speech, Qu mengungkapkan bahwa dibutuhkan komitmen untuk menjadikan pertanian dunia lebih baik. Sehingga dibutuhkan cara bekerja yang efisien, efektif, dan inovatif.

“Sistem digital adalah masa depan pertanian dunia. Suka atau tidak suka, kita saat ini berada di fase transisi sektor pertanian,” jelasnya.

Baca Juga : Gairah Pangan Lokal Substitusi Impor, Kementan Genjot Produksi Singkong

Qu menegaskan kembali dukungannya terhadap upaya Indonesia untuk mengembangkan strategi e-agrikultur nasional termasuk panduan integritas data pertanian dalam penggunaan informasi geospasial.

“Digitalisasi memainkan peran penting dalam mempercepat kemajuan menuju pencapaian Sustainable Development Goals dengan mendiversifikasi pendapatan dan membuka lapangan kerja dan peluang bisnis di dalam dan di luar pertanian, terutama bagi generasi baru petani dan kaum muda,” ungkapnya.

Ia juga memuji pendirian Agriculture War Room di Kementerian Pertanian RI yang menggunakan teknologi digital canggih untuk meningkatkan pengambilan keputusan berbasis data dan bukti lapangan.

Baca Juga : Perkuat Pertanian Berkelanjutan, Kementan Gencarkan Penggunaan Bahan Organik

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi selaku penanggung jawab kegiatan Global Forum mengungkapkan partisipasi anak muda bisa menjadikan sektor pertanian, termasuk di wilayah pedesaan menjadi lebih produktif dan menarik.

“Kami saat ini berupaya untuk bisa memahami karakteristik kelompok anak muda, termasuk perempuan dalam menciptakan lingkungan yang kondusif, serta mencarikan metode terbaik untuk mengasah bakat mereka dalam Bertani,” jelas Dedi.

Dedi pun menyebutkan pihaknya akan memaksimalkan Global Forum sebagai wadah untuk berbagi kebijakan, program pengembangan, serta strategi dan program dalam transformasi pertanian digital untuk mengakselerasi kewirausahaan muda dan perempuan.

Baca Juga : Perkuat Pertanian Berkelanjutan, Kementan Gencarkan Penggunaan Bahan Organik

Diskusi Global Forum dibuka oleh penyampaian short statement dari menteri pertanian dan perwakilan dari negara Turki, Kanada, Amerika Serikat, Italia, dan Afrika Selatan yang dilanjutkan oleh diskusi panel.

Sesi pertama diskusi panel diisi oleh IFAD, CGIAR, GIZ, dan MAFF-Jepang. Sementara sesi kedua diisi oleh start-up dan perusahaan global, yaitu PT Bali Organik Subak dari Indonesia, Pinduoduo dari Cina, AgUnity dari Australia, dan Microsoft Indonesia.


Saksikan Video Buka Global Forum AMM G20, Mentan SYL Ajak Dunia Implementasikan Pertanian Digital Selengkapnya di bawah ini:


Buka Global Forum AMM G20, Mentan SYL Ajak Dunia Implementasikan Pertanian Digital | Bang Naga | on 11:04:30pm Kamis 8 Desember 2022 | Rating 4.5
Cuplikan :Judul: Buka Global Forum AMM G20, Mentan SYL Ajak Dunia Implementasikan Pertanian Digital
Description: Buka Global Forum AMM G20, Mentan SYL Ajak Dunia Implementasikan Pertanian Digital
Alamat: https://heristh.com/news/10374264.html
Artikel Terkait















Bagikan Ke : Facebook Twitter Google+

CONTENT

Latest Update


                            5 Risiko Jika Menikahi Pasangan Materialistis

5 Risiko Jika Menikahi Pasangan Materialistis


Sumutkota.com ... Read More →
















Category

» Berita Terpanas Terkini
» Berita Showbiz Terkini
» Berita Indonesia Terkini
» Berita Wow Terkini
» Berita Trending Terkini
» Berita Dunia Terkini
» Berita Sepak Bola Terkini
» Berita Gaya Hidup Terkini
» Berita Politik Terkini
» Berita Cinta Terkini
» Berita Game Terkini
» Berita Tekno Terkini
» Berita Olah Raga Terkini
» Berita Kesehatan Terkini
» Berita Piknik Terkini
» Berita Ekonomi Terkini
» Berita Otomotif Terkini
» Berita Sukses Terkini
» Berita Capitorial Terkini
» Gempa Bumi Hari Ini

menu


Tempo LIPUTAN DAIRI CNN Zodiak
© 2017 - 2022 heristh.com | Pers | V.DB: 3.50 | All Right Reserved


DMCA.com Protection Status


Page loads : seconds