ADVERTISMENT

Ada Gengsi Jonatan Christie Saat Belum Terkalahkan sejak Kejuaraan Asia hingga Thomas Cup 2024 di Hadapan Pendukung China

Published By Admin | Pada:

Selamat datang kembali di situs web kami! Di web ini, kami akan memberikan update terbaru tentang Ada Gengsi Jonatan Christie Saat Belum Terkalahkan sejak Kejuaraan Asia hingga Thomas Cup 2024 di Hadapan Pendukung China. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengetahui Berita-berita Terupdate Terkini! Kami akan memberikan informasi yang akurat dan terpercaya tentang Berita hari ini. Segera saksikan video ini untuk mengetahui apakah berita ini yang anda cari pada hari ini! Jangan lupa untuk subscribe, like, dan bagikan video ini agar Anda tidak ketinggalan brita setiap harinya. Terima kasih telah menonton!Ada Gengsi Jonatan Christie Saat Belum Terkalahkan sejak Kejuaraan Asia hingga Thomas Cup 2024 di Hadapan Pendukung China
Ada Gengsi Jonatan Christie Saat Belum Terkalahkan sejak Kejuaraan Asia hingga Thomas Cup 2024 di Hadapan Pendukung China

BOLASPORT.COM - Performa pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, meningkat sejak awal tahun hingga Thomas Cup 2024.

Terhenti pada babak awal Malaysia Open 2024, India Open 2024, dan Indonesia Masters 2024, pebulu tangkis 26 tahun itu memperbaiki hasil pada All England Open 2024 dan Kejuaraan Asia 2024 dengan menjadi juara.

Jonatan melanjutkannya dengan selalu menyumbang poin sejak fase penyisihan grup Thomas Cup 2024 hingga partai final menghadapi China.

Tim Thomas Indonesia akhirnya harus puas menjadi runner-up setelah kalah dari China, 1-3.

"Secara garis besar yang membuat saya belum terkalahkan, kuncinya berserah kepada Tuhan. Bukan sekarang saja, tetapi dari dulu dengan bang Aboy (Irwansyah, pelatih tunggal putra) kami selalu ada evaluasi," kata Jonatan kepada media, termasuk BolaSport.com di pelatnas Cipayung, Jakarta, Rabu (8/5/2024).

"Mungkin kalau pernah dengar wawancara saya seusai juara All England, itu memang benar. Dari dulu, Ketika kami kalah latihannya lebih gila lagi. Kalah lagi besok, latihannya jauh lebih gila lagi, begitu terus dari dulu."

"Ya mungkin hasilnya baru dikasih sekarang, tetap bersyukur. Kalau kami bicara soal pertandingan beregu, pertandingan besar mungkin bukan ke hal teknis. Lebih fokus ke mental, semangat, daya juang."

"Apalagi, team event yang membutuhkan tiga poin untuk kemenangan. Jadi situasi yang membuat saya ingin meraih kemenangan, membangkitkan semangat teman-teman juga."

"Terlepas dari hasilnya, apapun itu sebenarnya saya dan teman-teman sudah menampilkan yang terbaik. Jadi, ketika ditanya mengapa itu bisa terjadi, dari pengalaman yang sudah-sudah, belajar juga body language-nya."

"Bang Aboy juga bahas hal itu juga karena cukup berpengaruh bukan ke musuh, bukan ke orang lain, tetapi ke diri sendiri jauh lebih positif."

Selain itu, Jonatan lebih ekspresif ketika meluapkan kemenangan meski di tengah tekanan saat posisi tim tertinggal.

Baca Juga: Pelatih Sebut Penyebab Fajar/Rian Sering Ditikung Ganda Putra No. 1 China, Fikri/Bagas Dapat Kejutan

"Tekanan pasti ada, tetapi bagaimana cara untuk membuat nyaman diri sendiri. Setiap orang punya cara masing-masing. Saya beda, Ginting beda, Fajar/Rian beda yang lain juga beda," tutur Jonatan.

"Jadi, memang itu cara saya untuk meminimalisir ketegangan, pressure, dan kondisi saat itu. Mungkin, kalau lebih banyak senyum itu waktu lawan Li Shi Feng."

"Bermain di China saat tim tertinggal 0-2, kalah supporter, dan ditonton banyak legenda China, itu tidak mudah," aku Jonatan.

"Saya cuma ingin menunjukkan saja ketika itu terjadi. Mungkin beberapa pertandingan yang dulu, saya gampang terpengaruh dengan keadaan."

Sebelumnya, Jonatan juga mengalahkan Li saat final Kejuaraan Asia 2024 di Ningbo dalam dua gim.

Namun pada partai final, Li bisa memberikan perlawanan lewat rubber game.

"Perubahan Li Shi Feng dari Kejuaraan Asia saat final Thomas Cup terpengaruh dari pertandingan besar, gengsinya besar, spotlight-nya juga berbeda, yang menonton juga berbeda, supporternya berbeda," ucap Jonatan.

"Bahkan legendanya turun untuk menonton. Pasti dia juga ada ambisi, motivasi ingin menampilkan yang terbaik. Apalagi, di rumah sendiri dan saya terpikirnya cuma satu. "

"Jangan sampai saya dibalas karena saat Thomas Cup 2020 di Denmark, dia (Li) juga jadi penentu. Saat itu, saya mengalahkan Li Shi Feng, satu hal itu saja yang saya pikirkan."

"Saya tidak mau jadi penentu itu (kekalahan), jadi sudah lawan saja. Kalau dari sisi permainan dari Kejuaraan Asia sama, tidak ada yang berbeda, tidak ada perubahan berarti yang drastis."

"Tetapi, saat ini saya coba mau berubah dari pengalaman yang lalu untuk bisa membuktikan kepada diri saya sendiri bahwa saya juga bisa dengan keadaan yang mungkin sedang tidak baik-baik saja."

Baca Juga: Ester Jadi Rising Star pada Uber Cup 2024, Chico Akui Sang Adik Sudah Layak Tampil di Turnamen Besar

"Saya berusaha untuk menjadi Jonatan yang berbeda. Itu yang saya lakukan kemarin (Thomas Cup 2024)."

Performa peraih medali emas Asian Games 2018 itu juga menuai pujian dari pecinta bulu tangkis Tanah Air.

"Terima kasih untuk supporter Indonesia. Terlebih kalau kita bicara Thomas Cup, team event, menang dan kalah bersama walaupun saya menang terus, tetapi hasilnya runner-up, tidak masalah. Teman-teman sudah melakukan yang terbaik."

"Tetapi untuk keseluruhan dari All England, bersyukur, berterima kasih, pasti juga untuk teman-teman yang selalu ada ketika saya di bawah. Itu jauh lebih berarti daripada hadir saat kita sedang di atas saja."

"Apresiasi kepada penggemar saya juga yang dari awal tahun sebenarnya tidak bagus-bagus amat. Kalah babak pertama, babak kedua. Jadi, tidak mudah melewati proses itu."

"Kalau melihat sekarang mungkin enak. Awal tahun bukan start yang bagus bagi saya dan Tuhan bantu."

Berkaca dari hasil Thomas Cup 2024, Jonatan mengatakan bahwa kekuatan tim negara-negara peserta sudah merata.

"Denmark bisa kalah dari Taiwan, Taiwan bisa masuk semifinal. Jadi, menurut saya rata semua pemain, setiap negara itu tunggal pertama dan kedua, ganda juga siapa pun bisa menang," ucap Jonatan.

"Menurut saya, hal yang wajar dan bagus untuk bulu tangkis juga. Mungkin untuk tim Indonesia perlu juga untuk menambah lagi dan berbenah. Tapi, saya rasa tidak banyak yang harus dibenahi hanya sedikit saja."

Jonatan selanjutnya akan berpartisipasi pada Singapore Open 2024 (Super 750, 28 Mei-2 Juni)  dan Indonesia Open 2024 (Super 1000, 4-9 Juni).

Tag:
berita terbaru hari ini,berita hari ini,berita terkini,berita terbaru,berita kompas,berita,berita kompastv,viral hari ini,portal berita video,berita video,prabowo terbaru hari ini,republika mahasiswa,jakarta,pilpres 2024 terbaru hari ini,prabowo gibran terbaru hari ini,berita indonesia,berita viral,24tahun republika,republika,milad republika,berita hangat,berita politik,berita politik indonesia terbaru,#jakarta,tv berita,berita update, Senin 20 Mei 2024
Berita Terkait